Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SDN Bungurasih Waru Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i2.20Keywords:
Peran Guru, Mutu, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Bungurasih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Teknik Analisa data pada penelitian yang digunakan melalui tiga tahap, yakni data reduction, data display, dan conclusion drawing/ Verification. Hasil penelitian bahwa peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Bungurasih dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun. Peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran juga menyiapkan pembelajaran, menyampaikan materi secara jelas agar siswa-siswi mudah memahami pembelajaran, memfasilitasi siswa untuk belajar dengan pembuatan bahan ajar dan media pembelajaran menarik minat belajar siswa walaupun berbentuk sederhana, menyusun tugas-tugas yang akan diberikan kepada siswa dan melakukan penilaian dengan cara memberikan tes tulis berupa pilihan ganda, uraian dan memberikan tes lisan, setelah itu Guru juga melaksanakan perannya sebagai konselor yaitu bisa memotivasi siswa sebelum memulai proses pembelajaran dan berusaha mengubah pemikiran siswa tentang matematika yang tergolong pelajaran sulit.
References
Abdul, Khalid Hs Pandipa. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie. 12 No. 1.
Elly, Manizar. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Jurnal Tadrib Vol. 1, Nomor 2, Desember 2015.
Muhammad, Ali. (2014). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Muhiddir, Kamal. (2019). Guru: Satuan Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: Aura.
Muslih, M., & Sa’ada, L. Z. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.102
Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Siti, dkk. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten:3M Media Karya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sofia. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 3 Sesela Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram.
Terry, G. R. (!986). Asas- Asas Manajemen. Bandung: Alumni.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, 8 Juli 2003, Lembaran Negara Tahun 1989 Nomor 6, Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen, 30 Desember 2005, Lembaran Negera Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Jakarta.
Zuldafrial. (2010). Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak : Pustaka Abuya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ida Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.