Implementasi Media “SEGEL” dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i2.24Keywords:
Media Pembelajaran, Pemahaman, MatematikaAbstract
Penelitian ini dipicu oleh adanya kesulitan pemahaman siswa dalam menguasai materi pembelajaran matematika yakni materi perkalian dan pembagian bilangan bulat. Hal tersebut terjadi berdasarkan hasil identifikasi oleh peneliti yakni proses pembelajaran di dalam kelas yang belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dalam memahami konsep materi pembelajaran dan belum memberikan kesempatan siswa dalam berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-B SD Negeri Bungurasih I Waru Sidoarjo, sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan nontes. Tes terdiri dari butir soal dan nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi setiap siklus dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian pemahaman konsep matematis akhir siswa setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media SEGEL (Sedotan dan Gelas) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II-B SD Negeri Bungurasih I Waru Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan siswa mencapai 40%, siklus kedua meningkat menjadi 81 %. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 77% sehingga dapat disimpulkan penggunaan media SEGEL (Sedotan dan Gelas) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II-B SD Negeri Bungurasih I Waru Sidoarjo khususnya pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
References
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Febriyanto, B., Haryanto, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Pemahaman Perkalian Dengan Media Kantong Bergambar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 33–44.
Lestari, I. P., Dewi, R. F. K., & Ulia, N. (2020). Pengembangan You-Mathbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa SD Islam Darul Huda Kota Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 105–120. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10969
Maliasih, M., Hartono, H., & P, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Muslih, M., & Sa’ada, L. Z. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.102
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Rahmawati, E., & Abidin, J. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Sedotan Warna dan Gelas Plastik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Konsep Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas II SD Angkasa Surabaya. Jurnal Wahana Pendidikan Dasar, 09(01), 1–13. https://www.ejournal-unipra.com/index.php/JWPD/article/view/90/91
Sarwono, E. (2016). Penggunaan Media Gelas Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok Sleman. In Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media MABETA (Magnet Berhitung Matematika)untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2474
Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Marijam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.