Nilai Mutu Pendidikan Humanisme dalam Perspektif Maqasid Al Syariah

Authors

  • Sunaji Sunaji Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Ridlwan Ridlwan Institut Pesantren KH. Abdul Halim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i1.8

Keywords:

Education, Maqasid Al-Shari'ah, Humanist

Abstract

Anggapan yang selama ini bahwa produk hukum itu hanya sekedar dilaksanakan dan di tinggalkan , akan tetepi nilai-nilai dari produk hukum tidak lepas dari nilai pendidikan,sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagiman Pendidikan humanism ini teraplikasi dengan amqasid al syari’ah, begitu juga dengan maqasid al-syariah yang telah digagas oleh Imam Al- Syatibi dengan maqasid al-syariáhnya. Kompleksitas dalam berbagai jenis maupun keragamannya, hendaknya dicarikan antivirus sebagai bentuk antibodi agar segala persoalan dan permasalahan bukan berlalu tanpa kepastian hukum (fatratun ‘ani al-hukmi) namun harus dicarikan formulasi-religi yang dijadikan sebagai obat penawar yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan keber-agamaan seseorang dalam paradigma pendidikan. Syariat Islam tidak akan pernah basi sepanjang waktu dan tidak akan usam ditelan oleh ganasnya virus kehidupan, jika tatanan hukum yang akan dijadikan sebagai pijakan tetap berdimensikan keshalehan sosial (sholih likulli zaman wamakan), bangunan hukum yang termaktub dalam maqasid al-syariáh bukan semata dalam tinjauan hukum, melainkan dapat digali dari sisi-sisi positip dalam perspektif pendidikan. Oleh karenanya reaktualisasi paradigma pendidikan Humanis dapat digali dalam maqasid al-syariáh itu sendiri, hal ini bertujuan agar realitas Islam sebagai agama rahmatan li-al’alamin akan menjadi kenyataan bagaimana memelihara jiwa (hifdhu al-nafs), memelihara akal (hifdhu al-aqli), memelihara agama (hifdhu al-diin), memelihara harta (hifdhu al-maal), dan juga memelihara keturunan (hifdhu al-nasl) banyak mengandung nilai-nilai pendidikan (edukatif) berkearifan (humanis), karena segala bentuk sumber tatanan kehidupan akan bermuara pada Yang Maha Satu Sang Pemberi Kedamaian dan Kebaikan.

References

Abdullah, A., & Nurhaeni DS, N. D. (2021). Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 76. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.84

Abidin, Z. (2012). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Islam dan Pluralitas. Humaniora, 3(2), 373. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3332

Amirudin, N. (n.d.). PENDIDIKAN HUMANISME DALAM PERSPEKTIF ISLAM.

Bediuzzaman, P., & Nursi, S. (2018). Humanisme pendidikan islam.

Dan, P., Ari, S. A.-Z., & Pekawinan, A. (2011). Bab Iiﻋ. 9, 22–52.

Fauzi, I. (2017). Kepemimpinan Perspektif Pendidikan Islam. 14(1), 6–36. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4282

Fuady, R. H. R. (2021). Pendidikan Islam , Tasawuf , dan Tantangan Era Society 5.0. BESTARI Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(2), 125–142. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/943

Gus, H., Pergumulan, D. U. R., & Dan, I. (2020). Fatah Gusdur Humanis. 95–114.

Idris, S., & ZA, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Kepemimpinan, A. T. (2010). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN Oleh : Asep Suryana , M . Pd . 2010. 1–55.

Latifah, P. N., Habibi, M. D., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Konteks Pemikiran Paulo Freire Dan K.H ahmad Dahlan. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 103–116. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro

Levinas, E. (1972). Humanisme de l’autre homme.

Magenta, T. (2019). PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS Skripsi.

Pettalongi, S. S. (2013). Islam dan Pendidikan Humanis dalam Resolusi Konflik Sosial. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 172–182.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Rasyid, A. (2019). Pendidikan Humanis dalam Pandangan Paulo Freire. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(1), 514. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i1.109

Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Urgensi Pendidikan Humanisme Dalam Bingkai A Whole Person. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1), 1–11.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Sunaji, S., & Ridlwan, R. (2022). Nilai Mutu Pendidikan Humanisme dalam Perspektif Maqasid Al Syariah. College Quality Assurance Journal, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i1.8

Issue

Section

Articles