Nilai Mutu Pendidikan Humanisme dalam Perspektif Maqasid Al Syariah
DOI:
https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i1.8Keywords:
Education, Maqasid Al-Shari'ah, HumanistAbstract
Anggapan yang selama ini bahwa produk hukum itu hanya sekedar dilaksanakan dan di tinggalkan , akan tetepi nilai-nilai dari produk hukum tidak lepas dari nilai pendidikan,sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagiman Pendidikan humanism ini teraplikasi dengan amqasid al syari’ah, begitu juga dengan maqasid al-syariah yang telah digagas oleh Imam Al- Syatibi dengan maqasid al-syariáhnya. Kompleksitas dalam berbagai jenis maupun keragamannya, hendaknya dicarikan antivirus sebagai bentuk antibodi agar segala persoalan dan permasalahan bukan berlalu tanpa kepastian hukum (fatratun ‘ani al-hukmi) namun harus dicarikan formulasi-religi yang dijadikan sebagai obat penawar yang bertujuan untuk mencapai kesuksesan keber-agamaan seseorang dalam paradigma pendidikan. Syariat Islam tidak akan pernah basi sepanjang waktu dan tidak akan usam ditelan oleh ganasnya virus kehidupan, jika tatanan hukum yang akan dijadikan sebagai pijakan tetap berdimensikan keshalehan sosial (sholih likulli zaman wamakan), bangunan hukum yang termaktub dalam maqasid al-syariáh bukan semata dalam tinjauan hukum, melainkan dapat digali dari sisi-sisi positip dalam perspektif pendidikan. Oleh karenanya reaktualisasi paradigma pendidikan Humanis dapat digali dalam maqasid al-syariáh itu sendiri, hal ini bertujuan agar realitas Islam sebagai agama rahmatan li-al’alamin akan menjadi kenyataan bagaimana memelihara jiwa (hifdhu al-nafs), memelihara akal (hifdhu al-aqli), memelihara agama (hifdhu al-diin), memelihara harta (hifdhu al-maal), dan juga memelihara keturunan (hifdhu al-nasl) banyak mengandung nilai-nilai pendidikan (edukatif) berkearifan (humanis), karena segala bentuk sumber tatanan kehidupan akan bermuara pada Yang Maha Satu Sang Pemberi Kedamaian dan Kebaikan.
References
Abdullah, A., & Nurhaeni DS, N. D. (2021). Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 76. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.84
Abidin, Z. (2012). Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Islam dan Pluralitas. Humaniora, 3(2), 373. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3332
Amirudin, N. (n.d.). PENDIDIKAN HUMANISME DALAM PERSPEKTIF ISLAM.
Bediuzzaman, P., & Nursi, S. (2018). Humanisme pendidikan islam.
Dan, P., Ari, S. A.-Z., & Pekawinan, A. (2011). Bab Iiﻋ. 9, 22–52.
Fauzi, I. (2017). Kepemimpinan Perspektif Pendidikan Islam. 14(1), 6–36. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4282
Fuady, R. H. R. (2021). Pendidikan Islam , Tasawuf , dan Tantangan Era Society 5.0. BESTARI Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(2), 125–142. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/943
Gus, H., Pergumulan, D. U. R., & Dan, I. (2020). Fatah Gusdur Humanis. 95–114.
Idris, S., & ZA, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420
Kepemimpinan, A. T. (2010). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN Oleh : Asep Suryana , M . Pd . 2010. 1–55.
Latifah, P. N., Habibi, M. D., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Konteks Pemikiran Paulo Freire Dan K.H ahmad Dahlan. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 103–116. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro
Levinas, E. (1972). Humanisme de l’autre homme.
Magenta, T. (2019). PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS Skripsi.
Pettalongi, S. S. (2013). Islam dan Pendidikan Humanis dalam Resolusi Konflik Sosial. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 172–182.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Rasyid, A. (2019). Pendidikan Humanis dalam Pandangan Paulo Freire. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17(1), 514. https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i1.109
Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Urgensi Pendidikan Humanisme Dalam Bingkai A Whole Person. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1), 1–11.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 sunaji, Ridlwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.