Pengembangan Mutu Pendidikan melalui Program Tahfidzul Qur’an Jurusan Keagamaan MA Ma’arif 7 Sunan Drajat
DOI:
https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i1.9Keywords:
Development, Quality, Education, Tahfidzul Qur'anAbstract
MA Ma’arif 7 Sunan Drajat adalah sebuah lembaga yang berada di dalam naungan pondok pesantren Sunan Drajat yang mengadakan program Tahfidz al-Qur’an bagi para santri. Program ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda Islam yang memiliki keahlian suatu bidang ilmu dan berkemampuan memimpin kehidupan bermasyarakat dan berwirausaha, dengan berbasis Al-Qur’an. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program tahfidzul Qur’an, dan untuk mengetahui kontribusi program tahfidzul qur’an jurusan keagamaan dalam mengembangkan pendidikan berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis triangulasi data. Untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Ma’arif 7 Sunan Drajat dalam mengembangkan pendidikan berbasis persantren yaitu melalui program tahfidz dijurusan keagamaan, dimulai dengan langkah-langkah dalam pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an, Dilanjutkan dengan penerapan metode Kontribusi Program Tahfidzul Qur’an Jurusan Keagamaan Dalam Mengembangkan Pendidikan Berbasis Pesantren adalah: Karakter pendidikan, Mempertahankan karakter tradisional, Mempertahankan budaya, Mengimplementasikan pendidikan keagamaan,konsep pendidikan berbasis pesantren: Meningkatkan kualitas akhlaq, Membangun peradaban yang berkualitas sesuai dengan nilai-nilai Islam di masa depan, Mempertahankan pengembangan dan bimbingan terhadap semua aspek pribadi siswa dari segi intelektual, psikologi, sosial, dan spiritual.
References
Alamin, F. A. B. A., & Inayati, N. L. (2020). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Sragen.
Alamin, F. A. B. A., & Inayati, N. L. (. (2020). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Sragen.
Alawiyah, W. W. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an.
Amali, B. H. (2012). Agar Orang Sibuk Bias Menghafal Al-Qur’an.
Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (Ra) Jamiatul Qurra Cimahi.
Faisal, S. (2001). Format-Format Penelitian Sosial.
Gulo, W. (2002). Metode Penelitian . Jakarta: Grasindo.
Hasibuan, M. S. P. (2003). Manajemen Pendidikan Islam.
Hidayah, N. (2014). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan.
Hill, W. F. (2011). Teori-teori Pembelajaran.
Muslih, M. (2018). Pembelajaran Ayat-Ayat Kauniyah di SMA Trensains 2 Tebuireng Jombang. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 455–480. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/islamica.2018.12.2.455-480
Muthohar, Ahmad & Anam, N. (2013). Manifesto Pendidikan Islam dan Pesantren.
Muzzammil, A. (2008). ‘Ulumul Qur’an Program Tahsin-Tahfizh, Ma’had Alqur’an Nurul Hikmah.
Nurul Islamiyatul Izzah, Sad’dullah, A., & Subekti, A. (2019). Pengaru Muroja’ah Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Unit Kreatifitas Mahasiswa Jamiayyatul Qurro’wal Huffadz Universitas Islam Malang.
Pasaribu, R. (2018). Kualitas pendidikan di Indonesia.
Pasiak, T. (2008). Revolusi IQ/EQ/SQ Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’ān dan Neurosains Mutakhir.
Santrock, J. W. (2004). Psikologi pendidikan.
Sucipto. (2020). Tahfidz Al-Quran Melejitkan Prestasi.
Surakhmad, W. (1998). Pengantar Pe- nelitian Ilmiah (Dasar, Metode, Teknik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wasis , Muhammad Slamet
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.